Sambut Hari Disabilitas Internasional 2017, Elcorps Dukung Ekspedisi Pendakian Gunung Manglayang Bersama 20 Pendaki Netra

Foto bersama panitia dan peserta Ekspedisi Netra 2017. Foto: Elcorps.

Menyambut hari disabilitas internasional yang jatuh pada 3 Desember 2017, ELCORPS melalui ELFOUNDATION, bersama Pantera (Pioneer Association of Adventure and Rescue) Fisip UNPAD menyelenggarakan PANTERA x ELHIJAB present Ekspedisi Netra.

Ekspedisi pendakian Gunung Manglayang bersama 20 pendaki netra ini merupakan wujud kepedulian ELCORPS terhadap penyandang tuna netra.

Ekspedisi netra diselenggarakan pada 2-3 Desember 2017, dilatar belakangi oleh keinginan untuk mendukung penyandang tuna netra merasakan pengalaman daki Gunung Malanglayang.

Gunung Manglayang berlokasi di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian 1.818 mdpl (5.965 kaki) dengan jalur pendakian berupa tanjakan tanah liat dan batuan licin.

Medan pendakian yang tidak mudah, membuat kegiatan pendakian menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki netra dan rekan pendampingnya.

Durasi pendakian yang umumnya ditempuh dalam waktu 2 jam, baru bisa dicapai setelah 8 jam perjalanan. Namun demikian para pendaki netra tetap mampu mengikuti kegiatan pendakian dalam irama semangat yang terjaga.

Kisah pendakian penuh warna ini didokumentasikan dan menjadi bahasan dalam kegiatan Movie Secreening & Sharing Session, yang diselenggarakan Pantera pada 18 Desember 2017 di Bale Sawala Jatinangor.

Hadir sebagai pembicara Sabar Gorky (pendaki tuna daksa pertama Gunung Elbrus dan Kilimanjaro), Herman Lantang (tokoh pecinta alam yang bersama Soe Hoek Gie mendirikan Mapala UI), Iwan Abdulrachman (musisi, pencipta lagu, pegiat alam, penggubah hymne Unpad) dan Addy Gembel (musisi, penulis dan pegiat alam bebas).

Fajar Fitrah, Head of Operational ELFOUNDATION bersyukur atas terlaksananya Ekspedisi Netra ini.

Fajar berharap kegiatan ini bisa memberikan pengalaman berkesan bagi para penyandang tuna netra yang selama ini mengalami keterbatasan akses untuk bisa menikmati sensasi petualangan daki gunung.

Tak terkecuali bagi para rekan pendamping, khususnya dari Himpunan Pecinta Alam (Himpala) ELCORPS.

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID