KUPAS TALAS sebagai Solusi Transformasi Bisnis UMKM Fesyen Muslim di Indonesia.

Peserta KUPAS TALAS sedang membuat pola pakaian

Foto: Elfoundation

ELCORPS, Bandung—KUPAS TALAS merupakan Program Pengembangan Model Bisnis Sektor Fesyen yang di gagas atas kerjasama antara Elfoundation dan BI (Bank Indonesia). KUPAS TALAS ini bermula dari harapan BI (Bank Indonesia) bahwa industri halal bisa menjadi pilar kekuatan ekonomi Indonesia. Karena Indonesia sendiri dinilai memiliki peluang dan potensi yang besar di bidang industri halal.

Sayangnya harapan tersebut tidak sesuai dengan realita di lapangan. Menurut Wahyudin (Head Project KUPAS TALAS) “Opportunity yang ada tidak seimbang dengan perkembangan UMKM yang segitu-gitu aja”. Wahyudin juga menyebutkan bahwa isu yang menghambat perkembangan UMKM selain dari sisi teknologi adalah tingkat SDM baik dari sisi owner maupun team-nya. Saat ini masih banyak UMKM yang belum mampu mengikuti perkembangan dan belum bisa menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Hal tersebut berimbas pada turunnya kualitas dan kuantitas produksi yang berujung pada penurunan jumlah omset pendapatan.

Melihat fenomena ini Elcorps melalui Elfoundation bersinergi bersama BI (Bank Indonesia) untuk membantu meningkatkan kualitas dan kapasitas UMKM lewat program KUPAS TALAS. Program ini menyasar UMKM pelaku usaha fesyen muslim di Bandung dan sekitarnya. Sebanyak 20 UMKM berhasil lolos uji assessment dari total 40 peserta dengan kualifikasi standar yang telah ditetapkan Elcorps.

Sebagian besar sesi workshop memberikan pelatihan untuk meningkatkan skill peserta. Peserta akan mengikuti sebanyak 28 sesi  pelatihan terkait proses produksi, pengendalian mutu garmen,  manajemen bisnis, dan pembuatan Business Improvement Project. Dalam Business Improvement Project, peserta dituntut untuk membuat rencana dan strategi apa yang akan dilakukan setelah mengikuti training ini.

Pelatihan dilaksanakan di beberapa tempat termasuk di kantor Elcorps. Untuk sesi pelatihan yang membutuhkan laboraturium, Elfoundation bekerjasama dengan STT Tekstil. Selain itu, Elfoundation juga bekerjasama dengan banyak pihak untuk mendatangkan trainer dan desainer yang capable, salah satunya dari IFI (Islamic Fashion Institute) Bandung.

Target output dari program ini adalah scale up bisnis dari yang mulanya rumahan menjadi konveksi, dari konveksi menjadi semi garment, dari semi garment menjadi garment, dan lebih jauhnya bisa berkembang menjadi industri. Wahyudin (Head Project KUPAS TALAS) berharap peserta dapat meningkatkan kualitas produksi dari kondisi saat ini ke tingkat yang lebih baik agar jumlah mitra yang bekerjasama dengan peserta semakin bertambah.