ELFOUNDATION adalah Non Governmental Organization (NGO) berbentuk yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

Hadir pada 16 Agustus 2017 di Jakarta, dengan nama Yayasan El Indonesia Mulya, Elfoundation bermula dari tim Corporate Sosial Responsibility (CSR) ELCORPS yang mengelola CSR ELCORPS beserta brand-brand dalam naungannya sejak tahun 2012.

Seiring perkembangan ELCORPS yang cepat dan keinginan CEO ELCORPS, Ibu Elidawati Ali Oemar untuk memperbesar dan memperluas penerima manfaat, maka didirikanlah Elfoundation di hadapan Notaris Wulat Arum J. SH, MKn dengan Nomor Akta 18.

Berprinsip sebagai yayasan yang rahmatan lil ‘aalamiin (menjadi rahmat bagi semesta dengan melahirkan banyak manfaat), Elfoundation berusaha menjadi jembatan bagi banyak orang untuk berbuat baik (bridge of kindness).

Bersinergi dengan berbagai kalangan, Elfoundation senantiasa menebar nilai-nilai kebaikan sekaligus memperbanyak jembatan kebaikan yang menghubungkan mereka yang mampu dengan mereka yang membutuhkan.

Fundraising untuk Masjid Utrecht (24/08/2019). 

Elfoundation mewadahi program-program di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan mengacu pada SDGs. Dengan sumber pendanaan berasal dari dana CSR (Corporate Social Responsibility), lebih dari 200.000 di Indonesia maupun dunia internasional menerima manfaat setiap tahunnya.    

***

 

ELCORPS BERBAGI

Merupakan program CSR ELCORPS yang dikelola Elfoundation. Program ini ditujukan bagi internal ELCORPS maupun pihak-pihak di luar ELCORPS.

1. Subulussalam

Sejak tahun 2012, ELCORPS telah membina Pondok Pesantren Modern Subulussalam yang berlokasi di Kampung Panyalai Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Ponpes yang didirikan sejak tahun 1991, mendapat dukungan dana CSR ELCORPS bagi proses perbaikan manajemen dan pembangunan infrastruktur. Ponpes ini berkembang baik dan pesat, baik dari segi pertumbuhan jumlah santri, pencapaian prestasi akademik maupun kelengkapan fasilitas.

Pondok Pesantren Modren Subulussalam merupakan sebuah Lembaga Dakwah dan Pendidikan yang telah eksis di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat sejak tahun 1991. Lembaga yang berada di bawah payung hukum Yayasan Pondok Pesantren Modern Subulussalam ini, berdiri di atas bidang tanah waqaf kaum muslimin seluas 3,6 hektar, terletak di Kampung Panyalai, Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Memperhatikan kondisi umat yang terasa semakin jauh dari nilai-nilai Keislaman dan terpuruknya Islam sebagai sebuah peradaban, maka pihak pengelola tergerak untuk menghadapi tantangan tersebut dengan menyelenggarakan layanan pendidikan yang integral dengan memadukan kurikulum Diknas dan Depag dengan kurikulum berbasis pesantren. Dengan menerapkan System Boarding School dimana santri berdomisili di asrama maka diharapkan semakin mempermudah dalam melaksanakan pendidikan secara penuh selama 24 jam sehari. Diharapkan dengan pembinaan penuh yang menyeimbangkan aspek dunia dan akhirat, maka akan lahir generasi bangsa yang memiliki iman dan aqidah yang tangguh serta berkepribadian yang unggul.

PPM Subulussalam saat ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan setingkat Madrasah Aliyah. Disamping itu, terdapat unit usaha yang didirikan untuk membantu pengembangan pesantren santri antara lain Koperasi Pondok Pesantren Fajar Menyingsing.

Dengan para pendiri H. Ali Umar (Alm), Drs. H. Sukarta Fuaddin, H. Yahya (Alm), H. J. Dt. Tan Majolelo, Hj. Ardiati Zainal, H. Munir Jalal (Alm), Drs. H. Mawardi Muchtar. Pada saat ini Pengurus Yayasan diketuai oleh Dra. Hj. Elidawati, sementara Pondok Pesantren Modern Subulussalam dipimpin oleh Ustad Hendri Andi Mesta.

2. Wakaf Masjid

ELCORPS mendukung pembangunan masjid/musala maupun lembaga-lembaga pengkajian Islam di Indonesia maupun di dunia internasional. Sedari tahun 2012 hingga kini, lebih dari 200 masjid/musala/lembaga telah menerima manfaat.

Di antara yang terbaru dan sedang berlangsung adalah wakaf Masjid Indonesian Islamic Center Brussel-Belgia, Pondok Pesantren Pertama di Amerika dan Masjid dan Pusat Islam Terpadu Pertama Indonesisch Cultureel Centrum Utrecth (ICCU). 

3. Care for Employee

Bagi karyawan yang tengah sakit keras maupun dilanda musibah, ELCORPS menyampaikan bantuan kepedulian untuk meringankan.

4. Humanity and Quick Response

ELCORPS senantiasa melakukan aksi tanggap bencana alam maupun musibah kemanusiaan yang terjadi di dalam negeri maupun di luar negeri. 

5. Amazing Ramadhan

Program berbagi ELCORPS di bulan Ramadhan. Mulai dari berbagi takjil untuk masyarakat dan karyawan; baju Lebaran dan sembako untuk yatim dhuafa; perangkat ibadah untuk mualaf; edukasi seputar puasa untuk anak; hingga menggelar buka bersama di masjid maupun Ponpes yatim dhuafa. 

6. Qurban

Setiap tahun, ELCORPS berbagi hewan kurban ke seluruh masyarakat dhuafa hingga ke pelosok Indonesia dan negara-negara Muslim yang tengah mengalami konflik.   

7. ELCORPS Menghapal

Bersinerji dengan Darul Quran Bandung, ELCORPS menggelar kegiatan menghapal Al-Quran di kalangan karyawan sejak tahun 2017. Secara berkala, para karyawan menyetor hapalan dan mengikuti ujian kelulusan untuk setiap surah maupun juz yang dihapal.   

8. Adventurebility

Program ini diselenggarakan untuk memperingati hari disabilitas internasional, bekerjasama dengan berbagai komunitas pecinta alam dan survival. Dalam adventurebility, ELCORPS mengajak anak-anak berhambatan untuk berkegiatan di alam.

Di tahun 2017, kegiatan yang dilakukan adalah hiking dan camp bersama penyandang tuna netra di puncak Gunung Manglayang. Sedangkan di tahun 2018, ELCORPS mengajak anak-anak berhambatan untuk camp di tani kota Bandung.

9. Syiar 

Berlatar keinginan untuk mengenalkan Islam yang rahmatan lil ‘alaamiin kepada masyarakat Tanah Air maupun dunia internasional, ELCORPS melakukan syiar dalam banyak hal. Di antara yang terbaru, bersama Yayasan Generasi Baru dalam mendukung pembangunan masjid dan pusat Islam di Utrecht.

***  

ELZATTA CARE FOR FAMILY

Elzatta memiliki kepedulian terhadap upaya membangun generasi cerdas Indonesia. Elfoundation mengelola CSR Elzatta untuk mendukung hal ini, terangkum dalam Keluarga Cerdas Elzatta, program edukasi seputar pengasuhan anak yang ditujukan untuk para Ibu di Indonesia.

*** 

DAUKY Educare

DAUKY memiliki kepedulian tinggi pada pengembangan pendidikan dan kapasitas kaum muda Indonesia. Elfoundation mengelola CSR DAUKY untuk mendukung kedua hal ini, terangkum dalam program: 

1. Adik Asuh

Program berbagi rutin yang ditujukan untuk kebutuhan uang saku para santri Ponpes Subulussalam maupun siswa-siswa dhuafa di sekolah-sekolah wilayah Jakarta dan Bandung. 

2. Kelas DUNIA DAUKY

Program ini diselenggarakan secara rutin oleh komunitas sosial yang beranggotakan Duta DAUKY dengan fokus pada pengembangan literasi (baca-tulis-hitung dan bercerita) juga peningkatan wawasan pada isu-isu kebangsaan dan global.

3. DAUKY Educare for Institution

Dauky Educare for Institution adalah dukungan dana DAUKY bagi institusi yang fokus pada upaya menghadirkan pendidikan bagi masyarakat, utamanya masyarakat marginal. Di antara institusi yang menerima dukungan adalah TC Club, Relawan Siaga, ASASI Unpad dan sebagainya. 

4. DUTA DAUKY

Progam ini hadir sejak tahun 2015. Ditujukan untuk mendukung anak muda Muslim yang berprestasi dan berjiwa sosial mengikuti kegiatan ilmiah maupun sosial budaya di forum-forum internasional.

***