Elzatta Goes to USA: Menelusuri Jejak Islam di California Selatan

Elcorps Goes to USA di Islamic Center of Southern California. Foto: Dok. Intan Kemala Sari/kumparan

Perjalanan kumparan bersama tim reward trip Elcorps (perusahaan yang menaungi brand busana muslim Elzatta, Dauky, dan Noore) Goes to USA 2019 masih terus berlanjut. Setiap harinya, kami mengunjungi berbagai tempat baru untuk mendapatkan pengalaman baru. Kali ini, kami berkesempatan mengunjungi Islamic Center of Southern California yang merupakan masjid yang banyak dikunjungi oleh para umat Muslim di Los Angeles. Di sini, kami banyak belajar tentang jejak Islam yang ada di California.

Awalnya, kami berencana ke Islamic Center saat hari pertama tiba di Los Angeles, California, Jumat (22/2). Namun sayangnya, kondisi jalanan yang padat pada Jumat malam membuat kami batal ke sana. Dan ketika kami kembali ke Islamic Center pada Sabtu (23/2), sayangnya tempat tersebut tutup setiap Sabtu. Dan untuk yang ketiga kalinya, kami kembali mencoba peruntungan untuk mengunjungi Islamic Center pada Minggu (24/2). Alhamdulillah, pihak Islamic Center menyambut kami dengan hangat.

Elcorps Goes to USA di Islamic Center of Southern California. Foto: Dok. Intan Kemala Sari/kumparan

Saat itu, jam menunjukkan hampir pukul 12.00 waktu setempat. Kami bergegas membersihkan diri dan mengambil wudhu untuk bersiap salat Dzuhur.

Usai salat Dzuhur, salah satu pengurus Islamic Center bernama Wasi berbaik hati menjelaskan secara singkat tentang sejarah berdirinya masjid kecil yang terletak di pusat kota Los Angeles ini. Islamic Center of Southern California sebenarnya ada sejak tahun 70-an. Tetapi saat itu, bangunannya kecil dan tidak bisa menampung banyak umat Muslim di Los Angeles. Barulah pada 2010-an, masjid ini pindah lokasi ke 434 South Vermont Ave, dekat Downtown Los Angeles dan Koreantown.

Di lantai pertama masjid terdapat resepsionis, kantor pengurus, kamar mandi dan tempat wudhu, serta tempat salat yang terbagi menjadi dua bagian. Area sebelah kiri untuk pria dan area kanan untuk perempuan.

Elcorps Goes to USA di Islamic Center of Southern California. Foto: Dok. Intan Kemala Sari/kumparan

Kami pun diajak mengunjungi lantai dua yang juga terbagi dalam dua bagian. Area sebelah kanan merupakan tempat diadakannya pertemuan, seminar, dan tempat melakukan akad nikah. Sedangkan area kiri merupakan sekolah untuk anak-anak setiap hari Minggu di mana mereka diajarkan mengaji dan menghafalkan ayat-ayat Al-Quran.

Wasi mengatakan, setiap salat Jumat, ada sekitar 500 hingga 1.000 orang dari berbagai penjuru Los Angeles dan sekitarnya yang datang memenuhi masjid. Tak hanya umat Muslim saja, ada pula umat Nasrani dan Yahudi yang datang untuk berdialog dengan pengurus Masjid. Ada pula murid-murid dari sekolah Teologi yang datang dan ingin mengetahui tentang tata cara ibadah umat Muslim.

Elcorps Goes to USA di Islamic Center of Southern California. Foto: Dok. Intan Kemala Sari/kumparan

Dan setiap hari Minggu pula, rutin digelar kelas umum yang membahas tentang Islam bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam. Di sini juga dibuka kelas bahasa Arab dengan biaya 20 dolar AS (Rp 280 ribuan) untuk satu kali pertemuan.

CEO Elcorps, Elidawati, tampak terkesan dengan sambutan hangat yang diberikan oleh pihak Islamic Center kepada kami.

“Saya surprise, karena ternyata Islamic Center di sini dikelola dengan baik dan mempunyai program rutin untuk umat Islam maupun non Islam. Banyak murid dan mahasiswa dari sekolah-sekolah Teologi yang juga datang ke sini untuk mengenal Islam. Satu lagi, Islamic Center di sini juga sangat menjaga hubungan dengan pemerintah,” tutur Elidawati pada kumparan.

Sebelum meninggalkan tempat, Elidawati mewakili manajemen Elcorps dan para mitra Elcorps memberikan donasi yang diterima langsung oleh Omar Ricci selaku Chairman of the Islamic Center of Southern California.

Elcorps Goes to USA di Islamic Center of Southern California. Foto: Dok. Intan Kemala Sari/kumparan

“Kami merasa senang dan terhormat bisa menerima kehadiran saudara-saudara kami dari Indonesia. Insha Allah donasi ini bermanfaat untuk kemajuan Islamic Center ke depannya,” ujar Omar.

Islamic Center of Southern California memang merupakan organisasi yang dikelola oleh para membernya. Mereka juga menerima donasi yang dananya akan digunakan untuk merawat fasilitas masjid, biaya pendidikan dan penyaluran zakat kepada yang membutuhkan.

Anda tertarik mengunjungi Islamic Center of Southern California? Masjid ini bisa dikunjungi mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 setiap hari dan libur setiap hari Sabtu.

 

Nantikan cerita perjalanan Elcorps Goes to USA 2019 selanjutnya di kumparan!

Source : Kumparan: Elzatta Goes to USA: Menelusuri Jejak Islam di California Selatan

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

English EN Indonesian ID